Wednesday 25 April 2012

Tabrakan Antar Galaksi


Tabrakan antar galaksi, pernakah anda mendengarnya?atau anda mengetahui tentang fenomena ini?mungkin ada yang bertanya"apakah sesama galaksi bisa saling bertabrakan?"
jawabanya, tentu saja bisa.Kenapa? karena galaksi itu tidak konstan, galaksi terus bergerak sebagaimana upayanya untuk terus berkembang mengisi ruang kosong di alam semesta
.Lalu sejak kapan galaksi mulai berkembang?tepatnya sejak ledakan maha dahsyat yang terjadi pada 13,7 milliar tahun yang lalu, atau yang kita kenal sebagai peristiwa Big Bang.



      
    
            Sebenarnya Tabrakan antar galaksi biasa terjadi dalam evolusi galaksi. Tabrakan yang terjadi sesungguhnya tidak dalam arti yang sebenarnya, tapi lebih pada interaksi gravitasi antar galaksi. Dalam tabrakan galaksi, galaksi yang lebih kecil akan "kalah" dan menjadi bagian dari galaksi yang lebih besar.Contohnya adalah proses terciptnya galaksi andromeda, yang berjarak 2,5 juta tahun cahaya dari rasi bintangnya ini,terbentuk dari dua galaksi kecil yang saling "berinteraksi",sehingga membentuk galaksi baru yang besar seperti sekarang.


                              Galaksi Andromeda

Dan berikut adalah contoh lainya :



Gambar di atas adalah gambar dari tabrakan Galaksi Antennae yang dirilis oleh Observatorium Besar NASA. Peristiwa Tabrakan yang terletak sekitar 62 juta tahun cahaya dari Bumi tersebut, dimulai lebih dari 100 juta tahun lalu dan sampai saat ini masih terjadi. Tabrakan ini membentuk jutaan bintang, awan debu, dan gas di dalam galaksi.

Bintang-bintang muda yang baru terbentuk mengalami evolusi yang luar biasa cepat hanya beberapa juta tahun saja untuk kemudian mati dan meledak menjadi supernova. Titik cerah dalam gambar dihasilkan dari material dan bintang-bintang neutron yang jatuh ke lubang hitam, yang merupakan peninggalan bintang masif. Beberapa lubang hitam di galaksi Antena mungkin berisi massa yang hampir seratus kali dari matahari.

Kabar Bahwa Galaksi Andromeda Akan Bertabrakan Dengan Galaksi Bima Sakti

Tidak bisa dipungkiri memang jika kabar tersebut adalah fakta,tapi jangan memikirkan hal-hal yang tidak-tidak terlebih dahulu.Seperti diketahui, Andromeda dan galaksi kita, Bima Sakti, merupakan dua galaksi raksasa di lingkungannya. Andromeda juga merupakan galaksi raksasa terdekat. Jaraknya hanya sekitar 2,5 juta tahun cahaya. Satu tahun cahaya sendiri berjarak sekitar 9,4 triliun kilometer.
Seperti dikutip dari Msnbc, 1 Februari 2011, Bima Sakti dan Andromeda saling mendekat dengan kecepatan sekitar 120 kilometer per detik dan akan bertabrakan.

Namun demikian, jaraknya yang sangat jauh membuat tabrakan super raksasa ini baru akan terjadi sekitar 3 miliar tahun yang akan datang. Lalu, apakah bumi kita,atau bahkan galaki bima sakti akan hancur lebur,dengan kata lain kiamat? entahlah,tapi untuk mengetahuinya,para astronom menggunakan simulasi superkomputer dan mengkalkulasikan salah satu skenario yang mungkin terjadi saat Andromeda dan Bima Sakti saling beradu.

Video simulasi yang dibuat menggunakan 100 juta partikel virtual. Film yang dibuat menyoroti ruangan dengan sudut pandang selebar sekitar 10 miliar miliar kilometer. Adapun durasi waktu yang direkam oleh simulasi komputer itu mencapai 1 miliar tahun.

“Diperkirakan, bintang-bintang di kedua galaksi, termasuk matahari milik tata surya kemungkinan besar tidak akan saling bertubrukan,” kata John Dubinski, astronom dari Canadian Institute for Theoretical Astrophysics, University of Toronto.

Namun demikian, kata Dubinski, gaya gravitasi milik kedua galaksi kemungkinan akan saling menarik, saling berpelintir, dan membelokkan, hingga setelah satu miliar tahun kemudian, galaksi berbentuk elips yang merupakan kombinasi dari Andromeda dan Bima Sakti lahir.

Setelah penggabungan Andromeda dan Bima Sakti tersebut selesai, proses itu akan menyisakan puing-puing berserakan di antariksa.

Seperti yang kita ketahui, sebelum ini, Andromeda menelan galaksi kecil bernama Triangulum. Sekitar 3 miliar tahun lalu, Triangulum bergerak terlalu dekat dengan Andromeda. Bintang-bintang miliknya kemudian dilucuti dan ditarik masuk ke dalam oleh gaya gravitasi raksasa yang dimiliki Andromeda.

Jadi, jika Andromeda dan Bima Sakti saling bertabrakan,tidak akan membuat kedua galaksi tersebut hancur atau terpecah,hal itu hanya akan menciptkan galaksi baru yang lebh besar.Yang kemungkinan akan diberi nama Androit Mungkin???.

3 comments:

  1. kemungkinan besar sebagian post yang lain masuk dalam kode html, coba di cek ulang saja dan perhatikan kode htmlnya benar benar, terutama bagian kurungnya

    ReplyDelete